Friday, October 23, 2009

BAHASA


Semua yang kita tahu dan kita rasakan di dalam diri hanya dapat diungkapkan dengan bahasa. Kepercayaan, nilai, sikap, pandangan, emosi, dan perasaan lain dalam diri dan bersifat personal, terperangkap dalam diri kita, dapat kita ungkapkan dengan leluasa menggunakan bahasa (meskipun kita-pun dapat mengekspresikannya dengan ekspresi muka, gerak tubuh dan sentuhan).

Bahasa memiliki beberapa fungsi, fungsi utama bahasa adalah untuk memaknai budaya dan sebagai media yang mentransmisikan budaya dari satu generasi ke generasi lainnya. Dalam komunikasi antar budaya, bahasa memiliki fungsi yang lebih dalam lagi, yaitu :

· Conversation (percakapan) à Dalam semua budaya, percakapan adalah konsep dasar dari penggunaan bahasa. Percakapan memfasilitasi semua fungsi dan kegunaan dari bahasa.

· Emotive expression (ekspresi emosi) à Bahasa dapat membebaskan kita untuk mengekspresikan emosi. Bentuk ekspresi ini bisa dari yang paling sederhana (seperti ‘saya merasa sedih’) sampai dengan umpatan dan ungkapan keras lainnya yang mungkin tidak akan sopan bila diucapkan.

· Thingking (berpikir) à Manusia cenderung untuk untuk berpikir secara visual maupun verbal, dan menyatukannya dalam dua bentuk tersebut tergantung dari apa yang sedang dilakukannya. Bagaimanapun, berpikir secara verbal memainkan peranan yang sangat penting dalam proses komunikasi, dimana bahasa berfungsi sebagai instrumen/alat dari pikiran untuk mengungkapkannya hingga dapat dimaknai oleh seseorang.

· Control of reality (meng-kontrol realitas) à Komunikasi juga berfungsi sebagai pengkontrol realitas, sebagai contoh, bila seorang ulama memberikan tausiahnya untuk mengajarkan tentang dosa dan pahala, tentang baik dan buruk dan tentang surga serta neraka.

· Keeping of history (menjaga sejarah) à Bahasa adalah arsip dari sejarah (Emerson dalam Samovar dan Porter). Bahasa berfungsi untuk untuk menyimpan fakta, berarti juga melestarikan sejarah, survey geografi, laporan ilmiah dan catatan bisnis, aturan dari legislative, serta semua data yang dapat disimpan.

No comments:

Post a Comment